Skip to main content

Jesse's Guide to RPG Games

JESSE'S GUIDE TO RPG GAMES

Final Fantasy I

"Apa itu Game RPG?"


"Game RPG atau Role-Playing Game adalah game di mana pemain memainkan peran karakter dalam latar fiksi. Pemain bertanggung jawab untuk memerankan peran ini dalam narasi melalui proses pengambilan keputusan terstruktur terkait pengembangan karakter."


Secara singkat, RPG adalah game di mana kita sebagai pemain memainkan suatu peran dan kita harus bermain melalui latar & cerita game tersebut.

Ada banyak jenis game RPG: Tabletop RPG, Live-Action Role-Playing, dll
Tapi yang kita akan fokuskan pada hari ini adalah Role-Playing melalui Elektronik Media Video Game.

Seperti namanya, RPG yang ini berada di dalam video game. Kita bermain sebagai sang protagonis untuk menjalani narasi dan menyelesaikan konflik dalam game.
Video Game RPG ini biasa dibedakan menjadi 2 genre yang berbeda: RPG & JRPG

Walaupun keduanya sama-sama game RPG, mereka memiliki kontras yang sangat berbeda karena pengaruh asal mereka: yang satu dari Barat (RPG) & yang lainnya dari Jepang (JRPG).

Mari kita bahas, satu-persatu & Perbedaannya:

Elder Scrolls V Skyrim

RPG

RPG jelas berasal dari Barat seperti Amerika dan negara lainnya. Biasanya untuk RPG seperti contohnya, Skyrim

Kita bisa melihat bahwa:

    1. Game Mekaniknya, mencampur Eksplorasi dengan Sistem Bertarungnya. Maksudnya adalah: Kita bisa melihat lawan secara langsung, melukainya secara langsung, dan tidak ada lepasnya dengan keluar-masuk pertarungan.
    2. Protagonisnya, Protagonis dari game-game RPG biasanya memiliki Protagonis yang tidak bereskpresi atau berbicara... Mereka biasanya kosong dan digunakan sebagai projeksi kepribadian pemain.
    3. Stereotip dan Trope, Game-game dari barat ini memiliki stereotip dan trope berasal dari budaya yang terkembang di wilayah Amerika. Bisa dilihat jelas dalam pengembangan karakter & dialog. 
    4. Quality & Visual, RPG Barat tampaknya lebih menyukai Graphic blockbuster & Mirip dengan asli itu lebih baik = penjualan yang lebih baik

Assasin's Creed Unity


JRPG

JRPG berasal dari Timur, terutama Jepang. Beberapa Contoh JRPG yang paling besar adalah Final Fantasy Series

Kita bisa melihat bahwa:
  1. Game Mekaniknya, Mekanik JRPG lebih ke sistem yang lebih tua & tradisional seperti Turn-Based Battle System, dimana tiap karakter satu-persatu mendapat giliran memilih apa yang mereka akan lakukan melawan musuh. Antara mode Perang / Melawan Musuh dan Eksplorasi juga dibedakan ke layar yang berbeda-beda tidak secara langsung. Namun, tidak semua JRPG seperti ini...
  2. Protagonisnya, Protagonis dari game-game JRPG memiliki Karakteristik dan kepribadian sendiri yang sudah tertulis berserta dengan masa lalu dan trauma mereka sendiri seakan-akan karakter dalam film.
  3. Stereotip dan Trope, JRPG memanfaatkan kiasan dari media dan budaya mereka sendiri, banyak permainan meminjam banyak dari kiasan anime / manga, dari trope seperti Tsundere, dll, sampai ke penampilan-penampilannya seperti karakter anime.
  4. Quality & Visual, JRPG tidak terlalu memikirkan Visual dan Quality yang sangat hebat dan blockbuster... Namun mereka lebih memprioritaskan elemen desain game mereka secara berbeda.
Dragon Quest 11: Echoes of an Elusive Age


Namun, game-game RPG & JRPG zaman sekarang sudah belajar satu sama lain dan aturan-aturan dari karakteristik di atas semakin berkurang. Misalnya, Dark Souls, adalah JRPG yang merusak aturan JRPG di atas. Witcher 3 adalah RPG yang memiliki Protagonist dengan Kepribadian sendiri.

Masih ada banyak sekali hal yang ingin dibicarakan, tapi waktunya sudah habis...
Beberapa RPG yang kalian harus coba adalah:
  • Skyrim
  • Witcher
  • Dark Souls
  • Fallout
  • Final Fantasy Series
  • Dragon Quest Series
  • Chrono Trigger
  • Tales of Series
Semoga dengan demikian, lebih banyak orang akan mencoba genre RPG ini dan mencoba Game-game yang sudah tertulis. Selamat bermain!

Comments

Post a Comment